google-site-verification: google342c2d2f68e5af07.html Tiket Masuk Dan Alamat Taman Sari Jogja - Kebunnya Keraton Jogja | Wisata Pantai Gunungkidul

Pantai Siung

Pantai Siung
Indonesia Climbers Gathering

Tiket Masuk Dan Alamat Taman Sari Jogja - Kebunnya Keraton Jogja

Tiket Masuk Dan Alamat Taman Sari Jogja - Kebunnya Keraton Jogja. Taman Sari Jogja adalah komplek kebun atau taman keraton Jogja pada jaman dulu yang membentang dari sebelah Tenggara Magangan sampai sebelah barat daya Kedhaton.
Sebagai salah satu tempat wisata budaya di daerah Istimewa Yogyakarta Tiket masuk taman sari Jogja tergolong masih sangat murah jika dibandingkan dengan harga tiket masuk tempat wisata modern lainnya.

Diperkirakan luas taman sari ini dulu lebih dari 10 ha dan juga terdiri dari sekitar 57 buah bangunan dalam berbagai bentuk, antara lain berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, maupun danau buatan beserta pulau buatan dan lorong – lorong, masjid bawah tanah dan lain sebagainya. 

Taman Sari Jogja mulai dibangun pada zaman pemerintahan Sultan Hamengku Buwono I (HB I) pada tahun
1758-1765/9 dengan arsitek Tumenggung Mangundipura dan Demang Tegis. Taman Sari Jogja digunakan secara efektif antara tahun 1765 sampai dengan 1812.

Namun kondisi sekarang ini anda hanya bisa melihat sisa-sisa bagian Taman Sari yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja, karena pada bagian lain sudah rusak dan bahkan sudah menjadi pemukiman penduduk sehingga tidak bisa/susah untuk di renovasi lagi. 

Taman Sari Jogja


Komplek Taman Sari Jogja yang luas ini dulu terdiri dari 4 bagian. Untuk itu saran saya kalau anda berkunjung ke Taman sari Jogja agar tidak tersesat serta bisa memahami dan mengetahui sebagian besar komplek taman sari ini, anda sebaiknya menggunakan jasa pemandu wisata yang siap melayani anda dengan biaya seiklasnya, namun biasanya para pengunjung memberi sekitar 25 sampai 50 ribu, mereka biasanya berkumpul di dekat gerbang pintu masuk. 

Alamat Taman Sari Jogja 

Alamat Taman Sari Jogja : Jalan Taman, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133, Indonesia.
Untuk lebih tepatnya Alamat Taman Sari Jogja berada di sebelah barat daya dari Keraton Jogja dan hanya terpisahkan oleh Jalan Ngasem. 

Kalau anda masih belum jelas, berikut ini rute peta jalan atau alamat Taman Sari Jogja yang paling mudah diingat:
  1. Dari Jalan Malioboro. Dari Jalan Malioboro Jogja anda jalan lurus ke arah selatan melewati Kantor Pos Besar (Titik Nol Kilometer) - kemudian ke selatan lagi menuju Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta – kemudian belok ke kanan (barat) menuju Jl.Ngasem - Dari Jl. Ngasem lurus saja ke arah selatan mentok sampai ke Pasar Ngasem - Lalu belok ke arah kiri dan menyusuri Jl.Tamanan - ke arah selatan sejauh sekitar 100 meter. Di sebelah kanan dan kiri, anda akan melewati tembok benteng berwarna putih yang tinggi. Dan pintu masuk menuju Taman Sari Jogja ada di sebelah kanan anda (sisi barat).
  2. Dari Alun-alun Selatan. Silahkan bebelok menuju arah barat alun-alun – terus melewati Jl. Patehan Lor - lalu belok ke arah utara menyusuri Jl.Tamanan - anda akan menemukan pintu gerbang Taman Sari Jogja di sisi sebelah kiri anda (sisi barat). 

 

 Jam buka Taman Sari Jogja : 08.00-17.00 WIB 


Koordinat GPS Taman Sari Jogja : -7.81011111111111, 110.3595; 7,810151°LS 110,358946°BT 


Tiket masuk Taman Sari Jogja 


Tiket masuk Taman Sari Jogja untuk wisatawan lokal sebesar Rp 5.000,- per orang dan untuk Wisatawan asing sebesar Rp 12.000,- per orang. Selain itu kalau anda membawa kamera atau Video akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.000,-. 

Demikian informasi tentang Tiket masuk Taman Sari Jogja dan alamat Taman Sari Jogja, mudah-mudahan bisa membantu anda dalam menikmati liburan.

4 Responses to "Tiket Masuk Dan Alamat Taman Sari Jogja - Kebunnya Keraton Jogja"

  1. Terima Kasih Admin

     

    Wisata Jogja Sangat Menarik Ya,

    Sewa Mobil Yogyakarta

    Seawa Bus Yogyakarta

    Sewa Hiace Yogyakarta

    Sewa Elf Yogyakarta

    http://mataharitransport.com//

    http://mataharitransport.com/

    ReplyDelete
  2. gan itu dulu sejarahnya gimana ya?
    salam
    Rental Mobil Jogja

    ReplyDelete
  3. mksih infonya kak, besok ke taman sari lebih pagi

    ReplyDelete